Monday, May 17, 2010

Home Made Poffertjes recipe..

Kalo ada yang bilang poffertjes pasti yang muncul dibenak kita kue dari negeri belanda yg berbentuk bulat kecil yang ditaburi icing sugar,es krim atau ga maple syrup,,siapa sih yang ga suka kue belanda imut2 ini,,hampir semua orang suka apalagi anak-anak! so do i,,hehe.dan ternyata pacarku suka banget sama poffertjes!untungnya gw orang yang berprinsip kalo gw suka salah satu jenis makanan gw hrs blajar utk bisa masak jenis makanan tersebut :) prinsip yang menyenangkan bukan!?
bagi feinschmecker yang suka poffertjes&pannekoeken tapi maunya langsung santap ada tuh restoran di Kemang Selatan No. 102A jakarta selatan yang khusus menjual cemilan2 asik dr holand namanya Dijan's Huis..utk rasanya sangat nggak mengecewakan apalagi pas lagi cicipin poffertjes didukung sama suasana resto yang bergaya rumah belanda,cocok banget!
sedangkan bagi feinschmecker yang mau coba bereksperimen dirumah untuk membuat kue cantik ini gw punya resep sederhana yang bisa kalian coba&modifikasi dgn kasih filling keju mungkin didlm poffertjesnya atau biarkan kosong seperti rasa aslinya,,hmm untuk pelengkapnya bisa pake icing sugar biar kyk putri salju,bisa juga pake maple syrup,chocolate syrup,atau strawberry or bluberry jam!this is the recipe..
bahan:
200 gr tepung terigu

250 ml susu cair hangat(warm milk)

1 sdm susu

2 butir telur

35 gr gula halus/gula pasir

75 gr butter leleh

1 sdt ragi instan

½ sdt garam

pelengkap : icing sugar,ice cream,butter&honey or maple syrup.

cara membuat:
Dalam satu wadah, campur tepung, gula halus dan ragi, aduk rata
lalu buat lubang ditengahnya tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisk sampai menjadi adonan kalis.
Sementara di tempat lain kocok telur hingga pucat dan tuangkan ke dalam adonan tepung dan susu.Diamkan sekitar 30 menit,
setelah adonan mengembang, masukkan mentega leleh, aduk hingga tercampur rata. Diamkan selama 10 menit.
Panaskan cetakan, kemudian kecilkan apinya. kuas cetakan dengan mentega masukan
3/4 penuh, biarkan hingga matang dan kecoklatan. Cungkil dan balik dengan tusuk sate, matangkan sisi satunya hingga berwarna kecoklatan. Angkat dari cetakan. Oles kembali cetakan dengan mentega tipis-tipis. Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan.
sajikan dengan pelengkap.
Selamat Mencoba ^⌣^

No comments:

Post a Comment